August 16, 2016

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer

Keunikan tempat wisata di Bengkulu bisa langsung Anda temukan dalam sejumlah pesona alam dan peninggalan-peninggalan bersejarahnya. Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang berlokasi di pesisir barat Pulau Sumatra serta berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Anda bisa mencoba pergi ke Pulau Tikus untuk merasakan derasnya gelombang lautan samudera tersebut.

Ada pun Bunga Rafflesia Arnoldi yang terkenal itu bisa Anda temukan di Kota Curup, salah satu tempat wisata Bengkulu yang populer. Bunga Rafflesia merupakan bunga terbesar di dunia dengan diameter 100 cm. Bunga tersebut memerlukan waktu 6 sampai 8 bulan untuk bisa tumbuh dan 15 hari setelah itu barulah berbunga. Keunikan dari bunga ini karena tidak memiliki akar, daun dan batang.

Bengkulu juga merupakan salah satu lokasi pembuangan sejumlah aktivis pahlawan kemerdekaan, salah satu yang terkenal adalah Bung Karno yang diasingkan dari tahun 1938-1941. Di masa itulah Bung Karno bertemu dengan Fatmawati yang kemudian bakal menjadi istrinya. Jika Anda sudah puas dengan mengelilingi berbagai tempat wisata di Bengkulu, Anda bisa mencicipi beberapa kuliner Bengkulu yang cukup terkenal seperti pendap, bagar kambing, dan gulai tempoyak.

Tempat Wisata di Bengkulu

Dihimpun dari berbagai sumber berikut inilah 10 tempat wisata kota Bengkulu paling populer. Beberapa di antaranya merupakan wisata alam yang akan memikat serta penuh peristiwa sejarah yang mengagumkan.

1. Pantai Panjang

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer
Pantai Panjang

Garis pantai dengan panjang sejauh 7 km merupakan salah satu keunikan tempat wisata di Bengkulu ini. Pantai Panjang berlokasi di kawasan strategis pariwisata Bengkulu, sebuah kawasan yang dilengkapi dengan fasilitas publik dan akomodasi yang ada. Dari pusat kota, hanya dengan waktu tempuh sekitar 15 menit Anda bisa sampai di Pantai Panjang tersebut, jarak tempuh sekitar 3 km.

Tempat wisata kota Bengkulu yang satu ini mempunyai banyak fasilitas, dari penginapan, pusat perbelanjaan, restoran dan cafe, fasilitas olah raga, hingga tempat bermain anak. Tak hanya itu, Pantai Panjang juga merupakan salah satu pesona wisata Bengkulu yang sangat populer. Bagi masyarakat lokal, pantai ini juga menjadi salah satu pusat terapi dengan berjogging pagi atau sore hari di lintasan nya.

Pohon cemara dan pohon pinus yang mekar di sepanjang bibir pantai, memiliki daya tarik lain yang menambah keindahan panorama matahari tenggelam di kawasan pantai tersebut. Pantai Panjang mempunyai pasir putih yang halus, sehingga saat Anda berjalan butiran pasir tidak akan mengotori kaki sama seklai. Aktivitas kebugaran di pantai ini merupakan kegiatan yang baik, karena di sepanjang pantai sudah tersedia jogging track.

Penggemar voli pantai dapat bermain langsung di lapangan yang tersedia di atas pasir-pasir pantai, pecinta surfing juga memiliki tantangan sendiri untuk bisa menaklukan derasnya ombak dengan papan selancar nya. Jika Anda ingin mengisi perut yang kosong setelah beraktivitas, Anda bisa mencoba menikmati wisata kuliner laut di kawasan pantai ini. Ada banyak sekali restoran hingga tempat-tempat makan yang cukup mudah Anda temukan di sana.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer
Rumah Pengasingan Bung Karno

Pahlawan Bung Karno sempat menempati rumah ini pada tahun 1938 – 1942. Di Bengkulu ini Sang Proklamator bertemu dengan Fatmawati, seorang gadis asal Bengkulu dan kemudian menjadi istrinya sekaligus sang perajut Bendera Pusaka Merah Putih saat Proklamasi 17 Agustus 1945. Objek wisata di Bengkulu ini penuh benda-benda bersejarah milik Bung Karno yang sekaligus menemani Bapak Proklamator dalam menyusun strategi-strategi perang selama di pengasingan. Tersimpan sepeda ontel kesayangan Bung Karno, koleksi buku, hingga sepucuk surat cinta Bung Karno untuk istrinya tercinta, Fatmawati.

Awal mulanya, rumah ini adalah milik pengusaha Tionghoa yang bernama Tan Eng Cian dan bekerja sebagai penyumplai sembako untuk Pemerintahan Belanda. Lalu, Belanda membayarnya untuk menahan Bung Karno di rumah ini selama diasingkan di Bengkulu. Untuk bisa masuk, Anda harus membeli tiket masuk untuk Rumah Pengasingan ini sebesar Rp 2.500 per orang. Sangat terjangkau bagi semua kalangan.

3. Benteng Marlborough

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer
Benteng Marlborough di Bengkulu

Ini dia benteng pertahanan kekuasaan Inggris di daerah pantai barat Sumatera sekaligus menjadi pertahanan Bengkulu sebagai daerah monopoli lada dan perdagangan. Sejarah benteng Marlborough dibangun oleh East India Company (EIC) pada tahun 1713-1719 saat masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini disebut sebagai benteng terkokoh kedua milik Inggris di kawasan timur setelah benteng St. George di Madras, India.

Tempat wisata kota Bengkulu yang satu ini merupakan wisata sejarah yang menarik, Anda bisa menyaksikan sebuah benteng yang tegak kokoh di lahan seluas 44.100 meter persegi dengan panjang 240,5 meter dan lebar 170,5 meter, menghadap ke arah selatan dan membelakangi Samudra Hindia. Jenis arsitektur dari Benteng Marlborough ini mirip seperti kura-kura, terdapat jembatan yang menghubungkan bagian kepala dengan badan, seuntas jembatan di atas parit yang menyerupai ekor dan jembatan yang terhubung dengan jalan masuk bagian luar.

4. Pantai Tapak Paderi

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer
Pantai Tapak Paderi

Wisata Pantai ini terhubung dengan Pantai Panjang dan juga Pantai Jakat di Bengkulu, sebuah pantai yang awal mulanya merupakan pusat pelabuhan laut pertama yang ada di Bengkulu juga menjadi penunjang transportasi laut pemerintahan Inggris di Bengkulu pada saat itu yang berlokasi 100 meter dari Benteng Marlborough.

Panorama Sunset yang begitu indah merupakan salah satu pesona tempat wisata Bengkulu yang bisa Anda saksikan. Dari bagian atas Tapak Paderi, Anda bisa menatap keindahan laut Bengkulu. Berjalan-jalan kaki di sekitar pantai sembari menikmati jagung bakar di pantai merupakan kegiatan menarik yang bisa Anda nikmati. Objek wisata di Bengkulu ini memiliki garis pantai yang cukup panjang juga menawan di saat yang sama, tidaklah mengherankan jika Pantai Tapak Paderi ini selalu ramai di kunjungan orang.

5. Kota Curup

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer
Kota Curup

Kota Curup merupakan pusat kota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Inilah tempat sekaligus rumah bagi Bunga Rafflesia Arnoldi yang terkenal itu. Suhu dingin bisa mencapai 18 derajat celcius di pagi hari dan itu menjadi karakter Kota Curup. Topografis Kabupaten Rejang Lebong merupakan suatu daerah yang berdiri tepat di atas Bukit Barisan dengan ketinggian mencapai 100 – 1.000 meter dpl. Ladang-ladang akan diselimuti kabut sehingga buah serta sayur yang ditanam berpetak-petak terlihat samar.

Dari kota tersebut, Anda dapat pergi ke Bukit Kaba, dengan mendakinya hingga ke puncak untuk bisa menyaksikan panorama alam yang sangat memikat di sana. Atau, menikmati wisata di Danau Mas Harun Bastari. Jika Anda ingin mencoba mandi air panas di kota ini, datanglah saja ke Suban Air Panas, sebuah tempat pemandian air panas di Bengkulu dengan sumber air langsung dari pegunungan yang mengalir menuju kolam-kolam. Kota Curup merupakan tempat wisata Bengkulu dengan keunikan daerahnya yang menarik para wisatawan.

6. Danau Dendam Tak Sudah

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer
Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini berlokasi di Kota Bengkulu, tepatnya di Bengkulu Utara, tak jauh dari pusat Kota Bengkulu dengan jarak tempuh hanya sekitar 6 km. Danau yang dikelilingi dengan bukit-bukit hijau ini merupakan daerah cagar alam yang memiliki banyak potensi ekologi serta keseimbangan ekosistem.

Kawasan hijau dengan udara sejuk, panorama nan menawan di kawasan danau saat menjelang pagi hari, serta kekayaan flora dan fauna di kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah adalah beberapa tempat di Bengkulu yang masih sangat alami. Berperahu dengan menaiki rakit untuk mengelilingi danau ini merupakan salah satu kegiatan yang harus Anda lakukan di sana. Jika Anda memiliki hobi memancing, tempat ini bisa menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk Anda.

7. Danau Mas Harun Bastari

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer
Danau Mas Harun Bastari

Wisata danau Mas Harun Bestari terletak di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, berjarak tempuh sekitar 17 km dari pusat Kota Curup dan dekat dengan pinggir jalan raya antara Curup – Lubuk Linggau. Daerahnya yang dekat dengan Bukit Kaba membentuk daerah ini sebagai destinasi tempat wisata di Bengkulu yang indah.

Danau Mas Harus Bastari merupakan salah satu objek wisata keluarga di Bengkulu yang banyak disukai. Terdapat banyak pilihan permainan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Perahu-perahu serta sepeda air dapat digunakan untuk berkeliling danau ini. Anak-anak biasanya lebih suka bermain dengan komedi putar dan kursi ayun. Daerah wisata Danau Mas Harun Bastari memiliki luas sekitar 36 hektar, bukit di sekelilingnya juga ditanam sayur-mayur segar.

8. Museum Negeri Bengkulu

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer
Museum Negeri Bengkulu

Museum ini merupakan tempat merawat, menyimpan, melestarikan, mengamankan serta memanfaatkan koleksi berupa benda cagar budaya. Awal mula, museum ini berlokasi di Benteng Marlborough namun tiga tahun kemudian tepatnya pada 3 Januari 1983, museum ini dipindahkan ke gedung baru hingga saat ini.

Tempat wisata di Bengkulu yang satu ini dibuka hampir setiap hari untuk umum, kecuali Senin, dari pukul 8 pagi hingga 1 siang. Di dalamnya terdapat dua ruang pameran museum yang menyimpan hingga 6.220 macam koleksi, meliputi 10 macam kategori. Kategori tersebut adalah biologika, geologika, etnografika, arkeologika, numismatika, historika, filologika, keramologika, seni rupa, hingga teknologika. Hampir dari separuh koleksi tersebut merupakan benda budaya kategori etnografi atau benda budaya yang meliputi perlengkapan hidup, seperti kain tenun, benda upacara, senjata, dan sejenisnya baik yang masih digunakan dan diproduksi ataupun perlengkapan kuno yang sudah tidak digunakan lagi.

9. Bukit Kaba

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer
Bukit Kaba di Bengkulu

Terletak di kawasan Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bukit Kaba merupakan gunung api aktif tipe A, merupakan tipe gunung yang pernah meletus pada tahun 1600 sampai sekarang, dengan tinggi sekitar 1.952 meter dpl. Ada 8 kawah yang ada di gunung ini, tetapi 5 diantaranya tertutup oleh vegetasi. Gunung Kaba atau masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Bukit Kaba, memiliki pemandangan alam nan hijau menawan. Untuk bisa mencapai kawah dan puncak Bukit Kaba, Anda harus berjuang menaiki 307 anak tangga.

Menyaksikan langsung jajaran Bukit Barisan yang berdiri indah serta pendar dari cahaya matahari terbenam merupakan hal memikat yang dapat Anda rasakan di tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Berkemah di atas puncak bukit untuk menyaksikan meriahnya gemerlap lampu Kota Curup pada malam hari merupakan satu hal yang menawan. Untuk bisa masuk kawasan wisata Bukit Kaba di Bengkulu ini, Anda diharuskan membayar retribusi sebesar Rp 2.500 per orang, sangat terjangkau untuk Anda yang ingin mencoba bersatu dengan alam.

10. Pulau Tikus

Inilah 10 Tempat Wisata Kota Bengkulu Paling Populer
Pulau Tikus di Bengkulu

Pulau Tikus memiliki luas lahan sekitar 1,5 Ha, sebuah kepulauan di Bengkulu yang dikelilingi terumbu karang sekaligus secara alami melindungi pulau dari abrasi akibat gelombang pasang yang besar. Panorama pulau nan indah, air laut yang jernih, dan kegiatan snorkel untuk bisa menyaksikan pesona keindahan batu karang serta  ikan-ikan laut penuh warna adalah beberapa kegiatan yang paling banyak memikat di objek wisata Bengkulu ini.

Terletak hingga 10 km pada arah barat dari titik kota Bengkulu, Pulau Tikus merupakan kepulauan yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Anda bisa sampai di tempat wisata Bengkulu ini dengan menyewa kapal nelayan dari pantai Jakat, dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 1 jam. Jika menggunakan boat untuk pergi ke Pulau Tikus, lebih cepat dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai. Pulau Tikus dulunya merupakan tempat kapal-kapal untuk berlabuh dan berlindung dari hempasan badai ombak laut Samudra Indonesia.

Namun, akibat ulah manusia yang sering merusak ekosistem terumbu karang di kawasan Pulau Tikus, membawa dampak negatif bagi kelangsungan hidup tempat wisata Bengkulu tersebut. Yang terlihat paling mencolok adalah semakin berkurangnya luas Pulau Tikus karena sering mengalami abrasi yang berlangsung makin cepat dari tahun ke tahun.
Disqus Comments