August 17, 2016

Deretan Tempat Wisata di Jakarta Paling Banyak Dikunjungi

Deretan Tempat Wisata di Jakarta Paling Banyak Dikunjungi

Jakarta merupakan sentrum ekonomi Indonesia. Meski begitu, terdapat cukup banyak tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dieksplorasi. Menjadi kota besar di Indonesia ini selalu sibuk, bisa diartikan pula sebagai kota yang tak pernah tidur.

Sudah banyak warga Jakarta atau pun pengunjung dari berbagai daerah Indonesia yang suka berkeliling di kota ini.

Dengan infrastruktur kota yang sudah modern, Anda bisa dengan mudah menemukan beberapa obyek wisata di Jakarta, dari wisata alam hingga wisata buatan, destinasi historis, hingga ragam sarana hiburan bernuansa modern dan lokasi tempat nongkrong.

Kondisi Jakarta yang heterogen serta kondisi lingkungan yang semakin padat dengan banyaknya pemukiman hingga gedung-gedung tinggi, ditambah dengan suhu yang kian panas, tidaklah menjadi halangan untuk wisatawan yang ingin melepas penat di sejumlah tempat wisata ibukota Indonesia ini.

Tempat Wisata di Kota Jakarta

Identitas Jakarta sebagai kota yang banjir, macet, semrawut, dan segala permasalahan kota metropolitan memang tak bisa dipungkiri. Namun, kota Jakarta tidaklah selalu buruk seperti yang diduga. Destinasi wisata nya, kuliner Jakarta serta oleh-oleh khas Jakarta, menjadi sejumlah hal menyenangkan dan bisa Anda temukan di kota metropolitan terbesar di Indonesia ini. Dihimpun dari beberapa sumber, berikut ini adalah deretan tempat wisata di Jakarta yang paling banyak dikunjungi para wisatawan, baik domestik mau pun mancanegara.

1. Monumen Nasional (Tugu Monas)

Monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki), berdiri tegak untuk memperingati perlawanan dan perjuangan leluhur Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Monumen yang dibuat oleh Presiden Soekarno ini bermahkota lidah api yang dilapisi oleh lembaran emas.

Monumen Nasional (Monas Jakarta)

Monas menjadi tempat wisata di Jakarta yang paling populer, sekaligus menjadi salah satu kebanggaan Republik Indonesia. Monumen yang didesain oleh Friedrich Silaban serta R.M. Soedarsono ini dibuka untuk umum setiap hari, dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore, kecuali pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya akan ditutup untuk umum.

Pada bagian dasar Monas, terdapat Museum Bersejarah milik Indonesia pada kedalaman 3 meter. Museum ini mempunyai luas 80 x 80 meter, bisa menampung pengunjung hingga 500 orang. tersedia lift yang bisa membawa Anda ke puncak Monas setinggi 115 meter, Anda bisa menyaksikan panorama Jakarta dari puncak Monas. Kapasitas lift menampung hanya 11 orang sekali angkut dan pelataran di puncak Monas maksimal bisa menampung sampai 50 orang.

Untuk tiket masuk ke Monas hanya dikenakan Rp 5 ribu per orang (dewasa), mahasiswa Rp 3 ribu, dan anak- anak Rp 2 ribu. Untuk dapat menggunakan lift ke puncak Monas, Anda hanya dikenakan biaya tiket lift sebesar Rp 10 ribu per orang (dewasa) dan untuk mahasiswa Rp 5 ribu.

2. Kepulauan Seribu

Destinasi Kepulauan Seribu, salah satu obyek wisata di Jakarta yang memiliki beberapa bagian pulau kecil. Menjadi spot yang menarik di antara tempat wisata lain yang berada di DKI Jakarta.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu terdiri dari Pulau Harapan, Pulau Pari, Pula Tidung, Pulau Bidadari dan puluhan pulau lainnya. Sebagian besar darinya menawarkan suasana santai bila berkunjung bersama keluarga.

Di Kepulauan Seribu ini, ada banyak aktivitas yang bisa Anda coba, mulai dari snorkeling, diving atau sekedar berjalan-jalan sembari menikmati sunset di kala senja tiba. Ketersediaan sarana akomodasi yang sangat baik di Kepulauan Seribu, membuat pengunjung yang ingin lebih lama menikmati pengalaman wisatanya menjadi semakin betah.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tidak hanya populer bagi warga Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu destinasi populer bagi pengunjung dari luar daerah yang ingin wisata di Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah merupakan tempat wisata menarik di Jakarta yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga. Hal ini dibuktikan dari ribuan pengunjung yang memadati tempat wisata ini, mayoritas terdiri dari orang tua, anak-anak, dan kaum muda.

Tersedia banyak wahana menarik yang disuguhkan Taman Mini Indonesia Indah, seperti Taman Among Puro, kolam Renang Snow Bay, tak ketinggalan juga Taman Ria Atmaja, Kereta gantung, dan puluhan wahana lain yang siap menanti Anda. Disamping wahana, TMII juga menawarkan wisata bernuansa edukasi yang baik untuk menunjang kemajuan pendidikan anak.

4. Ancol Dreamland

Sempat dikenal dengan nama Taman Impian Jaya Ancol, tempat wisata yang satu ini lebih familiar disebut Ancol Dreamland. Bisa jadi Ancol Dreamland merupakan icon wisata di Jakarta mengingat bahwa setiap harinya, destinasi ini tidak pernah sepi pengunjung baik dari domestik maupun mancanegara.

Ancol Dreamland

Seperti Taman Mini Indonesia Indah, Ancol Dreamland juga termasuk tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Lokasi Ancol Dreamland cukup strategis sehingga mudah di jangkau dari berbagai arah. Seperti tempat wisata keluarga pada umumnya, Ancol Dreamland akan menyajikan sejumlah wahana yang bisa dinikmati oleh semua golongan usia. Ada wahana Dunia Fantasi, Gelanggang Samudra atau Sea World yang diminati kaum muda dan anak-anak. Tentunya, Anda akan dikenai biaya lagi untuk bisa menikmati wahana-wahana yang tersedia di Ancol Dreamland.

Adapun tiket untuk masuk pintu gerbang Ancol sebesar Rp 25 ribu serta tarif untuk kendaraan Rp 20 ribu (mobil) atau motor Rp 15 ribu.

5. Pulau Tidung

Diantara deretan pulau kecil yang termasuk pada bagian Kepulauan Seribu, Pulau Tidung menjadi tempat wisata paling menarik untuk dikunjungi.

Sunset saat di Pulau Tidung

Pulau ini mempunyai garis pantai yang sangat teduh dan asri, membuat banyak wisatawan betah berlama-lama singgah di pulau ini. Dominasi nuansa yang damai dan nyaman tentunya sangat cocok untuk bersantai bersama kerabat, teman dan keluarga.

Sebagai salah satu dari wisata pantai Jakarta yang mempesona, Pulau Tidung juga menawarkan berbagai wahana air yang menarik seperti Water Sport, Jet Sky, Bananan Boat, Olahraga Kano, serta masih banyak lagi. Bagi Anda penggemar tempat wisata air di Jakarta, Pulau Tidung bisa menjadi satu destinasi favorit untuk liburan keluarga.

6. Dufan (Dunia Fantasi)

Dufan disebut juga Dunia Fantasi merupakan obyek wisata populer di Jakarta yang menjadi bagian dari Ancol Dreamland atau Taman Impian Jaya Ancol.

Wahana ontang-anting di Dufan

Sebenarnya luas area Dunia Fantasi ini tidak begitu besar, besarnya hanya sekitar 9 hektar. Namun, di dalamnya berisi wahana menarik yang siap memberikan kesenangan kepada para pengunjung.

Dunia Fantasi dibagi menjadi beberapa spot dengan latar negara-negara besar di dunia, seperti hal-hal bernuansa Amerika, Eropa, dan Indonesia sendiri. Uniknya masing-masing spot dilengkapi sejumlah wahana bermain yang cukup banyak, seperti kolam renang ukuran besar dan beberapa fasilitas hiburan.

7. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang yang sudah berdiri sejak 1864 pada awalnya dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia. Dengan luas area tempat wisata Jakarta ini sebesar 147 hektar dan memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa. Kebun binatang Jakarta yang sangat populer ini ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon, membuat nuansanya menjadi begitu rindang dan sejuk.

Mengenal satwa secara langsung di Kebun Binatang Ragunan 

Menjadi salah satu tujuan wisata anak di Jakarta yang populer, memberikan berbagai edukasi dan pengenalan sejak dini untuk anak-anak terhadap kehidupan satwa secara langsung.

Untuk tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan hanya dikenakan Rp 4 ribu (dewasa) per orang dan anak-anak Rp 3 ribu. Dengan begitu Anda juga dapat mengajak putera-puteri untuk menaiki wahana dan satwa, seperti onta tunggang, kuda, kereta keliling, sepeda ganda, hingga menyaksikan pentas satwa. Tentunya, masing-masing wahana serta satwa tunggangan tersebut akan dikenai biaya berbeda.

8. Kidzania Jakarta

Ini dia salah satu destinasi wisata di Jakarta yang sangat disukai anak-anak. Kidzania Jakarta menawarkan rekreasi unik dengan konsep EDUTAINMENT bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Tempat wisata indoor (dalam ruangan) ini didesain seperti replika kota yang sesungguhnya, namun dalam ukuran anak-anak tentunya. Ada jalan raya, Supermarket, Salon, Rumah sakit, Teater, serta kendaran lalu-lalang yang mengelilingi kota replika ini.

Berekspresi di Kidzania Jakarta 

Orangtua tidak diperkenankan ikut saat kegiatan wisata anak sedang berjalan, tetapi orangtua didorong agar menjadi penonton di Stasiun TV dan Teater. Selain itu, tersedia Parents Lounge, yakni lokasi untuk orang dewasa bersantai selama anaknya bermain.

Tiket masuk Kidzania Jakarta akan disesuaikan dengan rentang usia anak, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 250 ribu per anak. Sementara untuk yang dewasa, harga tiket masuknya mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per orang.

9. Grand Indonesia Mall

Lokasi Mall paling populer di Jakarta. Grand Indonesia Mall tidak hanya menawarkan Anda pengalaman wisata belanja, namun juga pengalaman kuliner yang menarik. Objek wisata Jakarta ini merupakan salah satu tempat nongkrong di Jakarta yang paling digemari bagi banyak kalangan. Ukuran mall ini pun terbilang besar serta spot perbelanjaan yang lengkap dari berbagai brand fashion dunia.

Salah satu tempat nongkrong di Grand Indonesia Mall

Lahan parkir kendaraan sangat luas, Anda harus benar-benar mengingat posisi parkir kendaraan Anda agar tidak sulit untuk mencarinya. Dari salon hingga bioskop, juga cafe dan restoran hingga penjual desserts, semua tersedia di Grand Indonesia Mall.

Saat akhir pekan tiba, salah satu tujuan wisata di Jakarta ini menjadi sangat padat dengan kunjungan orang dari berbagai usia. Dari sebagian besar pengunjung, mereka merasa tidak ada bosannya untuk kembali datang mengunjungi mall Jakarta yang satu ini.

10. Masjid Istiqlal

Menjadi Masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan tampilan arsitektural perpaduan dari desain Indonesia, Timur Tengah, serta Eropa. Masjid nasional yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia ini diawali dari gagasan Menteri Agama RI, oleh KH. Wahid Hasyim serta H. Anwar Tjokroaminoto. Kemudian dengan Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno, pelaksanaan pembangunan masjid dibuka dengan pemancangan batu pertama untuk isyarat dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal pada masa itu tepatnya tanggal 24 Agustus 1961.

Deretan Tempat Wisata di Jakarta Paling Banyak Dikunjungi
Megahnya Masjid Istiqlal 

Nama “Istiqlal” berisi dalam bahasa Arab, yang artinya “Merdeka”. Masjid ini dibuat sebagai ungkapan serta rasa syukur bangsa Indonesia, yang atas berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa telah terbebas dari tangan para penjajah. Tahukah Anda, antara Masjid Istiqlal dengan Geraja Katedral Jakarta berada dalam jarak yang cuku dekat. Hal ini ditujukan oleh Presiden Soekarno sebagai lambang semangat persatuan, persaudaraan dan toleransi beragama di Indonesia sesuai Pancasila.

Masjid Istiqlal menggunakan arsitektur modern, dinding serta lantainya berlapis marmer dan dihiasi ornamen geometri dari baja lapis antikarat, serta mampu menampung jamaah lebih dari 200 ribu orang. Rancangan dari masjid kebanggaan Indonesia ini dibuat oleh arsitek Frederich Silaban, seorang penganut agama Kristen Protestan, dengan memiliki karya desain masjid bersandi Ketuhanan.

Hingga saat ini, kunjungan wisatawan ke Masjid Istiqlal tak pernah sepi. Karena, selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi objek wisata religius di Jakarta yang terkenal, sebagai pusat pendidikan, serta pusat aktivitas syiar Islam.

11. Gereja Katedral Jakarta

Ini merupakan gereja Katolik paling tua di Jakarta yang dibangun pada tahun 1901 dengan gaya arsitektur neo-gotik sebagaimana yang terdapat di daratan Eropa.

Bagian dalam Gereja Katedral Jakarta

Di gereja ini, juga terdapat museum dengan koleksi sekitar 400 barang. Beberapa koleksi yang terkenal adalah tongkat milik Paus Paulus VI serta piala Paus Yohanes Paulus II, menjadi kenang-kenangan tatkala saat berkunjung ke Indonesia. Museum gereja ini terbilang sangat lengkap untuk menjelaskan tradisi apa saja yang ada dalam ajaran Katolik.

12. Pasar Taman Puring

Lokasi Pasar Taman Puring merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang menawarkan pengalaman belanja serba murah dari produk-produk sepatu. Dari pasar ini, Anda dapat menemukan sepatu yang telah di-reject oleh pabrik-pabrik yang memiliki brand besar, juga berbagai sepatu dengan merk terkenal versi KW.

Pasar Taman Puring 

Bukan hanya sepatu saja, Anda juga bisa menemukan pedagang tas, perlengkapan olahraga, jam tangan, hingga kumpulan suku cadang mobil di pasar ini.

Pasar yang berpusat di daerah Kebayoran Baru ini terbilang padat akan penjual, mungkin akan mengurangi rasa kenyamanan Anda saat berbelanja karena akan terasa sempit tatkala ramai pembeli. Tetapi tentu saja, ketidak nyamanan tersebut akan lenyap bila Anda telah mendapatkan barang yang Anda cari dengan harga murah.

13. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta merupakan tempat wisata di Jakarta, salah satu yang selalu padat dikunjungi para wisatawan. Kota Jakarta dengan latar Kota Tua merupakan pesona wisata bersejarah di Jakarta yang memberi banyak ilmu pengetahuan secara umum.

Pelabuhan Sunda Kelapa di kawasan Kota Tua

Berbagai peninggalan masa lampau masih dapat Anda temukan di kawasan yang tak pernah kehabisan pengunjung saat akhir pekan tiba. Para pecinta fotografi akan selalu senang datang ke Kota Tua untuk mengabadikan berbagai momen.

Ada sejumlah landmark historis di daerah Kota Tua ini, seperti Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Fatahillah, Museum Seni RupaMuseum Bank Indonesia,  dan Keramik, serta Toko Merah. Tidak hanya tempat historis saja, Anda juga bisa menikmati pengalaman kuliner di Kota Tua Jakarta dengan mendatangi Cafe Batavia atau Cafe Gazebo, serta aneka cemilan seperti soto, gado-gado, hingga kerak telor khas Jakarta.

14. Taman Suropati

Taman Suropati diterapkan dengan penataan taman yang bersih dan rapih. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini, merupakan salah satu tujuan favorit banyak warga ibukota untuk sejenak melepas lelah atau sekedar bersantai dengan kerabat, keluarga dan para sahabat.

Komunitas musik di Taman Suropati 

Berlokasi di kawasan elit Menteng, taman ini ditumbuhi dengan pepohonan tinggi yang cukup lebat sehingga dapat menghadirkan suasana yang sejuk serta nyaman di saat yang sama.

Meski luas taman hanya sekitar 1.5 kali lapangan sepakbola, Taman Suropati akan selalu ramai dikunjungi, terutama menjadi pilihan tempat nongkrong anak muda mudi di Jakarta. Anda dapat melihat kumpulan aktivitas pengunjung yang berolahraga, atau komunitas-komunitas yang berkumpul seperti komunitas musik, kelompok diskusi, serta kumpulan lainnya. Soal makanan, tak perlu khawatir sebab ada banyak penjual jajanan dan minuman di sekeliling taman ini.

15. Museum Nasional

Inilah destinasi wisata di Jakarta yang sarat oleh pengetahuan sejarah. Di Museum Nasional, Anda bisa menjumpai setidaknya 141.899 benda yang terbagi dalam 7 jenis koleksi, yaitu prasejarah, numismtik-heraldik, keramik, arkeologi, sejarah, geografi, dan etnografi.

Museum Nasional 

Museum Nasional buka setiap hari Selasa – Minggu, dari jam 8 pagi hingga 4 sore, saat liburan tutup hingga jam 5 sore. Anda bisa mengunjungi objek wisata Museum Nasional ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu orang (dewasa) atau Rp 2 ribu (anak-anak). Jika Anda dalam rombongan dengan minimal 20 orang, maka tiket masuk per orang dewasa sebesar Rp 3 ribu dan anak-anak (TK – SMA) Rp 1.000. Untuk turis asing dikenai biaya tiket masuk lebih tinggi sebesar Rp 10 ribu per orang.

16. Pasar Tanah Abang

Bagi yang hobi wisata belanja di Jakarta, Anda bisa mencoba mengunjungi Pasar Tanah Abang. Karena sejak dini hari, sudah ada sejumlah toko yang buka lapak di pasar ini dan baru tutup saat magrib tiba.

Area blok A di Pasar Tanah Abang

Tak bisa dipungkiri pasar Tanah Abang selalu ramai dikunjungi dan terasa akan bertambah sesak saat akhir pekan.

Ada baiknya jika Anda datang di saat hari kerja jika ingin mendapat pengalaman belanja yang lebih nyaman karena tidak penuh sesak. Juga, upayakan datang saat fajar. Di Pasar Tanah Abang ini, harga-harga barang yang dipajang rata-rata murah. Jika Anda suka menawar, maka tawarlah seperlunya.

17. Pecinan Glodok

Inilah China Town-nya Jakarta, sebagai tempat konsentrasi para etnis Tionghoa bermukim di Jakarta. Pecinan Glodok merupakan salah satu daerah pecinan terbesar di Indonesia, menjadi basis penggerak salah satu perekonomian Jakarta semenjak dulu hingga saat ini.

Aktivitas vihara di Pecinan Glodok

Romantis-me masa lalu bisa Anda rasakan saat mencoba berjalan-jalan menyusuri kawasan Pecinan Glodok mengingat secara administratif Glodok termasuk dalam kawasan Kota Tua Jakarta. Glodok adalah pusatnya perdagangan elektronik di Jakarta, serta merupakan tujuan kuliner penuh citarasa Tionghoa yang sangat kental. Anda juga bisa menyaksikan bangunan-bangunan vihara serta kelenteng besar di sana.

18. Sea World Ancol

Berada di dalam area Ancol Dreamland, wisata Sea World Ancol merupakan destinasi yang menawarkan Anda berbagai pengetahuan akan kehidupan biota laut yang hidup di alam.

Menyaksikan biota di Sea World Ancol 

Sea World Ancol, memiliki ragam koleksi mulai dari biota perairan tawar, yang terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) sampai dengan biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor 30 reptil (5 jenis), ikan (26 jenis),  79 avertebrata (13 jenis), dan 1 mamalia. (Dapat bertambah atau berkurang sewaktu waktu)

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini terbilang cukup ramai didatangi wisatawan mengingat manfaatnya yang menghibur dan fungsi edukatif yang berperan besar. Tiket wahana Sea World Ancol ini dikenakan biaya sebesar Rp 80 ribu (Senin – Jum’at) atau Rp 90 ribu (Sabtu/Minggu/hari libur).

19. Setu Babakan

Wisata Setu Babakan adalah kawasan perkampungan yang telah ditetapkan menjadi sebuah kawasan cagar budaya Jakarta, lokasi dimana Anda bisa menemukan berbagai bangunan serta beberapa peninggalan budaya Betawi. Di wilayah ini, terdapat sebuah danau besar sebagai salah satu lokasi rekreasi menyenangkan bagi banyak pengunjung.

Pintu masuk kawasan Setu Babakan 

Tempat wisata budaya Jakarta ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan secara langsung budaya Betawi yang sebenarnya, dari cara bercocok tanam, membuat kerajinan, dagang hingga membuat makanan khas Betawi.

Setidaknya, terdapat sekitar 3 ribu kepala keluarga di area perkampungan ini dan mayoritas dihuni oleh orang Betawi asli yang mendiami kawasan tersebut secara turun-temurun. Setu Babakan merupakan tempat terbaik untuk mencicipi kuliner khas Betawi yang sesungguhnya, dari soto betawi, kue apem hingga kerak telor.

20. Museum Fatahillah

Berlokasi di kawasan Kota Tua Jakarta, Museum Fatahillah merupakan tempat terbaik untuk mengeksplorasi berbagai hal tentang sejarah kota Jakarta. Museum Bersejarah Jakarta ini berdiri sejak tahun 1707 dengan gaya arsitektur neoklasik khas abad ke-17.

Deretan Tempat Wisata di Jakarta Paling Banyak Dikunjungi
Museum Fatahillah di kawasan Kota Tua

Saat Anda memasuki museum ini, Anda akan diharuskan menggunakan sandal lunak berwarna jingga. Mengingat lantai Museum Fatahillah ini berasal dari abad ke-17 jadi penggunaan sepatu akan mengikis lantai tersebut.

Di museum ini, Anda bisa menemukan banyak koleksi bersejarah setidaknya sekitar 23.500 benda yang mengisahkan asal muasal Jakarta di masa lampau.

Perbendaharaan koleksi nya dibagi dalam beberapa ruang, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Jayakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Fatahillah, Ruang MH Thamrin dan Ruang Sultan Agung. Dengan membayar tiket masuk Museum Fatahillah sebesar Rp 5 ribu (dewasa) dan mahasiswa (Rp 3 ribu) serta pelajar (Rp 2 ribu).
Disqus Comments